Sejarah Singkat Pempek Palembang di Palembang

Sedang cari toko pempek palembang di Palembang? simak informasi seputar pempeknya dulu yuk disini. Pempek yang dikenal orang sebagai makanan khas Palembang ini dapat dengan mudah anda temukan di sepanjang daerah Sumatera Selatan terutama di Palembang. Makanan khas daerah yang satu ini merupakan makanan yang terbuat dari bahan utama ikan dan tepung kanji. Awalnya ikan yang dipakai untuk membuat pempek palembang ini adalah ikan belida. Tapi, karena ikan belida sekarang semakin langka dan semakin mahal, makanya pempek juga dibuat dengan ikan lain seperti tenggiri dan gabus. Kalau anda ingin menikmati makanan khas yang satu ini di Palembang, anda bisa memesannya di retoran-restoran maupun warung dipinggir jalan disana yang menjajakan makanan khas. Zaman dahulu, pempek akan dijual dengan cara berkeliling memakai keranjang.


            Pempek ini banyak sekali jenisnya, dan kali ini kita akan bahas beberapa diantaranya. Salah satu jenis pempek yang paling dikenal adalah pempek kapal selam yang sesuai dengan namanya memiliki bentuk seperti kapal selam zaman dahulu. Pempek jenis ini di dalamnya terdapat sebuah telur besar sebagai isi dan dimasak dengan cara direbus. Lanjut ke jenis pempek yang kedua yaitu ada pempek adaan yang bentuknya bulat mirip onde-onde. Bedanya, pempek ini tidak memiliki isian layaknya onde-onde. Pempek adaan dimasak dengan cara digoreng, bukan direbut seperti pempek kapal selam. Selain kedua pempek tersebut, ada juga pempek kulit yang terbuat dari bahan kulit ikan. Bentuk dari pempek kulit ini pipih dan bulat sehingga terlihat dan juga dapat dimakan setelah digoreng. Lanjut ke jenis pempek selanjutnya, ada pempek lenjer kecil yang bentuknya lonjong dan mirip dengan lontong. Pempek ini juga disajikan hanya dengan direbus.

            Ada juga pempek panggang yang bentuknya mirip dengan pempek bulat hanya saja pempek yang ini dibakar atau dipanggang. Ada juga pempek lenggang yang bisa dinikmati dengan dipanggang maupun digoreng. Pempek manakah yang paling anda sukai diantara jenis pempek di atas?