WAJIB BACA : 32+ Alat Musik Betawi Lengkap Dengan Penjelasan dan Gambar !

WAJIB BACA : 32+ Alat Musik Betawi Lengkap Dengan Penjelasan dan Gambar !

Alat Musik Betawi – Selain kita sudah mengetahui Nama Alat Musik Tradisional  di indonesia maka kita juga harus mengetahui alat musik betawi terdiri dari apa saja.

Jika kita bicara mengenai DKI Jakarta, maka yang langsung terlintas adalah ibu kota Negara Republik Indonesia yang memiliki penduduk yang banyak dan terdiri dari berbagai etnis.

Sejak  jaman penjajahan Belanda sampai sekarang, Jakarta sudah menarik pendatang baik dari dalam maupun dari luar Nusantara.

Suku Betawi adalah salah satu suku di Indonesia yang penduduknya mayoritas bertempat tinggal di wilayah Jakarta.

Dalam bidang keseniannya, Betawi mempunyai lagu, tarian, dan alat musik tradisional yang beragam- ragam jenisnya.

Dibandingkan pada zaman dahulu, pada saat ini lumayan sulit untuk menemukan alat musik tradisional Betawi.

Karena kurangnya generasi penerus dan peminat untuk mempelajari budaya Betawi tersebut, dan menjadi  faktor yang menyebabkan sulitnya menemukan alat musik tradisional.

Alat musik tradisional Betawi mencakup fungsi, gambar dan penjelasannya serta dengan cara memainkannya yang akan di bahas satu persatu.

Dalam kenyataannya, alat-alat musik tradisional yang menjadi ciri khas budaya di Jawa Barat dan Jawa Tengah juga di mainkan juga di pertunjukan musik Betawi.

Hal ini akan memunculkan beberapa pertanyaan, dari daerah mana sebenarnya alat musik tersebut berasal? Tapi dari pada mempertanyakan hal yang kurang jelas itu, ada baiknya kita ambil jalan tengahnya saja.

Bukankah, Jakarta merupakan tempat orang Betawi dengan Jawa Barat dan Jawa Tengah masih satu pulau? Jadi bisa saja mereka terjadi tukar menukar budaya dan saling berbagi alat musiknya.

Di pertunjukan seni atau orkes kesenian musik Betawi, berbagai jenis alat musik Betawi di jumpai, mulai dari alat musik tiup, alat musik pukul dan alat musik petik serta gesek.

Semua alat-alat musik itu saling mengisi satu sama lain sehingga menghasilkan alunan musik yang enak didengar di telinga pendengar.

Tidak tahu sampai kapan kesenian tradisional Betawi itu bisa eksis ditengah arus musik-musik modern dari mancanegara. Ini tugas kita kita semua untuk melestarikan budaya betawi tersebut.

Baiklah kita disini akan bahas satu persatu alat musik Betawi tersebut.

1. Saron

alat musik betawi
alat musik betawi

Alat musik betawi yang bernama Saron dikenal sebagai salah satu instrumen Gamelan yang termasuk kedalam keluarga Balungan. Nama lain dari alat musik saron sendiri adalah ricik.

Dalam pertunjukan adat Betawi, alat musik ini selalu tampil dimainkan oleh musisi – musisi secara tradisional.

2. Kendang / Gendang

alat musik betawi
alat musik betawi

Dikenal sebagai alat musik tradisional Jawa Tengah dan Jawa Barat, rupanya Kendang juga begitu populer pada kesenian musik Betawi dalam berbagai acara-acara adat betawi, baik acara sekedar hiburan atau acara adat pada hari besar tertentu.

Kendang atau yang biasa disebut dengan gendang merupakan alat musik tradisional betawi yang biasanya terbuat menggunakan kayu nangka, kelapa, dan kayu cempedak.

Kulit kerbau biasanya digunakan sebagai bam dalam alat musik ini. Bam sendiri merupakan permukaan bagian gendang yang memancarkan ketukan dengan nada yang begitu rendah.

Dan kulit kambing digunakan sebagi alat untuk membuat chang. Chang adalah permukaan luar yang mancarkan ketukan dengan nada tinggi.

Terdapat tali pengikat atau tali rotan yang berbentuk huruf “Y”, dan tali tersebut berfungsi untuk mengubah nada dasar.

Untuk menaikan nada suara dapat mengencangan tarikan kulitnya, dan untuk mengecilkan nada suara dapat mengendurkan tarikan kulitnya.

Cara memainkan alat musik gendang yaitu dengan cara memukul permukaan kulit dengan telapak tangan.

Gendang sendiri mempunyai 3 jenis yaitu :

  • Gendang kecil disebut ketipung
  • Gedang sedang disebut ciblon atau kebar
  • Gendang ketipung mempunyai pasangan, yaitu gendang besar yang biasa disebut dengan gendang kalih

3. Gender

alat musik betawi
alat musik betawi

Gender merupakan alat musik sejenis gamelan, yang cara memainkannya yaitu dengan cara ditabuh, alat musik ini terbuat dari bahan logam (kuningan, besi, dan perunggu).

Gender terdiri dari 10 sampai dengan 14 bilah atau belahan bambu. Untuk badan gender terbuat dari kayu dan untuk bumbungannya sendiri terbuat dari bambu.

Dimana gender ini juga adalah salah satu alat musik betawi yang sering digunakan untuk pentas Seni Musik Tradisional.

Berikut merupakan fungsi gender secara umum yaitu :

  • Sebagai penuntun suara atau vokalis saat akan mulai bernyanyi dan menuntun rebab saat mengambil nada
  • Untuk megiringi rebab saat bernyanyi
  • Untuk menyelaraskan lagu agar komposisi yang dibawakan begitu harmonis dan enak didengar
  • Mewakili pembuka lagu bila rebab tidak ada
  • Memimpin jalannya lagu

4. Gong

alat musik betawi
alat musik betawi

Alat musik Gong menurut informasi yang kami didapat merupakan sebuah alat musik pukul yang terkenal di Asia Tenggara bahkan Asia Timur. Gong ini digunakan sebagai alat musik tradisional yang terkenal diberbagai daerah, termasuk juga Betawi.

Selain itu, untuk peresmian acara-acara tertentu, Gong juga sering menjadi simbol peresmian sebuah acara.

5. String Bass

String yaitu tali /senar. Sedang String Bas merupakan alat musik yang terdiri dari beberapa senar bass. Cara memainkannya yaitu dengan cara digesek mirip seperti biola.

6. Mandolin

alat musik betawi
alat musik betawi

Mandolin adalah alat musik petik tradisional yang mempunyai senar dan dimainkan seperti memainkan biola. Alat musik mandolin biasanya sering ditemukan pada acara pertunjukan adat Betawi.

7. Akordeon

alat musik betawi
alat musik betawi

Masuk dalam golongan Organ, hanya saja alat musik Akordeon relatif kecil dan dimainkan dengan cara digantungkan di badan manusia.

8. Tamburin

alat musik betawi
alat musik betawi

Saat mendengar kata alat musik tamborin, saya pada saat menulis ini teringat kepada anak-anak jalanan yang sedang mengamen.

Tamborin adalah alat musik perkusi. Alat musik ini dimainkan dengan cara digoyangkan dan ditabuh.

Bahan untuk membuat alat musik Tamborin merupakan bingkai kayu bundar yang dilengkapi dengan membran pelapis dari kulit sapi atau plastik.

9. Rebab

alat musik betawi
alat musik betawi

Alat musik ini adalah salah satu alat musik tradisional bagi masyarakat Melayu, di Kabupaten Bintan Kepulauan Riau (Kepri). Entah bagaimana bisa, alat musik Rebab juga mampu populer di Jawa dan Betawi.

Bahkan, kata alat musik Rebab sendiri kabarnya berasal dari bahasa Arab. Mungkin karena mayoritas penduduk rakyat Indonesia  beragama Islam, Dominasi itu dari Melayu dan Jawa.

10. Tehyan

alat musik betawi
alat musik betawi

Nah, inilah alat musik yang kabarnya berasal dari daerah Jakarta (Betawi). Hadirnya alat musik Tehyan merupakan perpaduan antara etnis Tionghoa dan etnis Jawa.

Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara di gesek.

11. Gambang

alat musik betawi
alat musik betawi

Gambang merupakan alat musik tradisional yang terdiri dari 18 bilah bambu. Jenis kayu yang digunakan untuk membuat gambang yakni kayu suangking, haru batu, menggarawan, ataupun kayu manis.

Cara memainkan alat musik gambang yaitu dengan cara dipukul, suara yang dihasilkan oleh gambang akan terdegar empuk. Alat musik gambang pada umumnya digunakan dalam kesenian betawi yaitu gambang kromong.

12. Kromong

alat musik betawi
alat musik betawi

Alat musik tradisional ini merupakan alat musik dan salah satu bagian dari orkes Gambang Kromong. Alat musik yang dalam istilah lainnya dinamakan Bonang.

Kromong dan Gambang pada umumnya dipadukan dalam kesenian tradisional betawi. Alat musik bonang atau kromong dimainkan dengan cara dipukul atau ditabuh di bagian atasnya menonjol atau biasa disebut dengan pencu (pencon).

Alat pemukulnya yaitu menggunakan tongkat berlapis yang biasa disebut dengan bindhi. Fungsi dari bonang yaitu sebagai alat pembawa melodi pokok dari semua alat musik lainnya.

13. Biola

alat musik betawi
alat musik betawi

Alat musik Biola adalah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Alat musik ini mempunyai empat senar (G-D-A-E) yang disetel berbeda satu sama lain dengan interval sempurna kelima. Dari nada yang ada, nada yang paling rendah yaitu nada G.

14. Gitar

alat musik betawi
alat musik betawi

Gitar adalah alat musik petik yang paling terkenal. Hampir seluruh negara di dunia mengenal alat musik ini.

Pada umumnya badan dan leher gitar terbuat dari bahan kayu dan mempunyai 6 dawai untuk dipetik. Untuk mendapatkan nada yang indah dan juga enak di dengar.

Cara memainkannya alat musik ini tidak hanya dipetik namun juga dapat digenjreng menggunakan jari.

Terdapat 144 chord pada gitar yang harus digunakan sesuai denagn kebutuhan untuk mendapatkan bunyi atau nada yang sesuai. Alat musik ini dibagi menjadi dua macam, yaitu gitar akustik dan gitar elektrik.

Kedua macam gitar tersebut mempunyai perbedaan yang mencolok dibagian bunyi yang dihasilkan, ukuran, teknologi yang digunakan hingga harga atau rupiah yang dibutuhkan untuk mendapatkan keduanya.

Untuk dapat memainkan alat musik gitar terlebih dahulu kita harus mengetahui kunci nada yang ada pada gitar setelah mengetahui bagian-bagian alat musik ini.

Lima jari tangan kanan kita tempatkan pada bagian leher dan tangan yang lain pada bagian badan untuk memetik dawai. atau punbisat dibalik jika pemainnya kidal.

15. Terompet

alat musik betawi
alat musik betawi

Ada beberapa nama yang begitu melekat pada alat musik ini, yaitu Trumpet atau Trompet. Alat musik ini terbuat dari logam, alat musik tradisional tersebut dimainkan dengan cara di tiup dan ada juga tombol yang di pencet.

Jika kita pernah melihat acara kesenian Betawi, Terompet memang sering tampak dimainkan.

16. Rebana Ketimpring

alat musik betawi
alat musik betawi

Ada beberapa jenis Rebana, salah satunya adalah Rebana Ketimpring yang diberikan karena terdapat tiga kerincingan yang diikatkan pada bagian badan Rebana tersebut.

Ukuran dari Rebana Ketimping adalah garis tengah antara 20-25 cm dan termasuk jenis Rebana yang paling kecil.

Kapan alat musik ini dimainkan? Biasanya alat musik tersebut dimainkan dalam acara perayaan keluarga, seperti: acara pernikahan, acara kelahiran anak, khitanan dan acara lainnya.

17. Kongahyan

alat musik betawi
alat musik betawi

Alat musik Kongahyan merupakan alat musik gesek yang dapat ditemukan di Jawa, Bali, dan Sunda, tetapi ukurannya lebih kecil.

Alat musik yang mirip dengan Rebab ini digunakan dalam pementasan kebudayaan suku-suku di daerah tersebut. Hanya saja ukuran Kongahyan lebih kecil dibandingkan Tehyan dan Sukong.

18. Sukong

alat musik betawi
alat musik betawi

Alat musik Sukong telah menghasilkan banyak sekali irama lagu diantaranya lagu-lagu Betawi seperti “Kicir-kicir” dan “Jali-jali”. Tak hanya itu, alat musik Sukong juga mampu mengiringi lagu-lagu Betawi.

Fungsi lain, Sukong digunakan sebagai alat pengiring beberapa kesenian Betawi seperti ondel-ondel dan pementasan lenong.

Dari bahan apa Sukong ini dibuat? Batok kelapa untuk membuat Badan sukong. Kemudian, busurnya terbuat dari batang pohon yang elastis.

Rambut yang biasa digunakan dalam busur menggunakan rambut ekor kuda jantan yang berwarna putih keemasan.

19. Kempul

alat musik betawi
alat musik betawi

Alat musik Kempul merupakan salah satu perangkat Gamelan yang dimainkan dengan cara ditabuh. Dan posisinya digantung dan menjadi satu perangkat bersama dengan Gong.

Selain itu, Kempul termasuk kedalam bagian dari kelompok instrumen keras dari alat musik Gamelan.

20. Kecrek

alat musik betawi
alat musik betawi

Menurut Ensiklopedi. 2004, Kecrek merupakan alat musik perkusi yang biasa digunakan dalam seni perdalangan.

Berdasarkan fungsinya, Kecrek dikenal sebagai alat pemberi isyarat segala macam bentuk aba-aba atau iringan maupun gerakan atau sikap wayang.

Selain itu, alat musik Kecrek  juga berfungsi sebagai penghias irama lagu.Pada saat dimainkan, alat musik tradisional ini akan mengeluarkan suara crek crek crek.

21. Ketuk

alat musik betawi
alat musik betawi

Ketuk merupakan alat musik gamelan Jawa, bentuknya hampir menyerupai bonang, hanyalah saja lebih pipih dan berdinding lebih rendah daripada kenong.

Fungsi dari alat musik Ketuk adalah sebagai pemberi tekanan dalam musik gamelan.

22. Seruling

alat musik betawi
alat musik betawi

Seruling merupakan alat musik yang cara memaikannya dengan cara ditiup. Ciri dari suara alat msuik yaitu lembut dan dapat dipadukan dengan alat-alat musik lainnya.

Bahan untuk membuat alat musik seruling ada bermacam-macam, yaitu bambu, perak, emas, campuran dari perak dan emas, dan logam yang dilapisi perak.

Siapa yang tidak kenal dengan Seruling? Pasti dari kalian sudah lama mengetahuinya. Seruling terbuat dari bahan bambu dan mempunyai ciri khas yang sangat unik. Cara memainkan alat musik Seruling ini yaitu dengan cara ditiup.

23. Klarinet

alat musik betawi
alat musik betawi

Alat musik Klarinet adalah instrumen musik dari keluarga woodwind. Alat musik Klarinet sendiri diambil dari penambahan akhiran “-et” yang berarti “kecil” pada kata Itali “clarino” yang berarti “trompet”. Sama dengan saksofon, Klarinet dimainkan dengan cara menggunakan satu reed.

Alat musik ini dibunyikan dengan cara ditiup. Disepanjang tabung klarinet terdapat lubang-lubang yang dilengkapi tombol-tombol.

Tombol-tombol tersebut bernama klep, yang dapat membuka atau menutup untuk memperpanjang dan memperpendek kolom udara yang ada dalam tabung.

Orang yang memainkan alat musik ini disebut dengan Klarinetis. Apakah Anda berminat memainkan alat musik ini?

24. Trombon

alat musik betawi
alat musik betawi

Alat musik Trombon adalah alat musik tiup logam dan suara yang dihasilkan dengan menggetarkan bibir.

Kata Trombon sendiri diambil dari bahasa Itali tromba (trompet) dan -one (akhiran yang berarti besar), maka secara garis besar arti trombon adalah “trompet besar”.

Bagi mereka yang memainkan alat musik ini dijuluki sebagai trombonis.

25. Piston

alat musik betawi
alat musik betawi

Piston adalah salah satu alat musik yang memiliki ciri khas khusus, alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup.

Alat musik ini sangatlah populer sehingga seluruh masyarakat Indonesia maupun Mancanegara banyak yang mecari alat musik ini.

26. Saksofon

alat musik betawi
alat musik betawi

Saksofon atau Saxophone adalah instrumen alat musik yang masih tergolong dalam aerophone, single-reed woodwind woodwind instrument.

Logam merupakan bahan dasar untuk membuat Saksofon. Memainkan alat musik Saksofon yaitu dengan menggunakan single-reed seperti klarinet.

Pada umumnya, Saksofon dihubungkan dengan popular music, big band music dan jazz, tapi awalnya ditujukan sebagai instrumen orkestra dan band militer.

Tapi belum ada informasi yang di dapat, kenapa kesenian musik Betawi ini juga menggunakan Saksofon dalam pertunjukannya.

27. Triangel

alat musik betawi
alat musik betawi

Alat musik ini memiliki bentuk segitiga dan cara memainkannya pun sangat sederhana. Triangel berfungsi sebagai alat bantu bagi sebuah musik atau lagu yang ingin dimainkan.

28. Cello

alat musik betawi
alat musik betawi

Cello adalah alat musik yang mirip dengan biola, namun dengan ukuran yang lebih besar. Cello dijadikan fondasi dalam orkes modern atau musik kamar yang merupakan instumental tunggal.

Alat musik Cello terbuat dari bahan utama yaitu kayu.

29. Kecapi

alat musik betawi
alat musik betawi

Dalam bentuknya, kecapi sendiri dibedakan menjadi dua macam, yaiu kecapi parahu dan kecapi siter. Pada alat musik kecapi terdapat dawai yang dapat dikaitkan pada sekrup kecil dibagian kanan kotak.

Sekrup pada kecapi berfungsi sebagai alat control, yang dapat diatur berbagai sistem baik itu salendro, pelog, maupun madenda. Bahan untuk membuat alat musik kecapi yaitu kayu kenanga.

30. Gengceng

Gengceng merupakan alat musik yang dibunyikan dengan cara diletakan pada kedua telapak tangan, lalu dibenturkan sehingga akan menghasilkan suara. Bahan untuk membuat alat musik ini yaitu logam.

31. Djembe

alat musik betawi
alat musik betawi

Alat musik djembe merupakan alat musik perkusi yang memainkannya dengan cara di pukul menggunakan tangan kosong.

Ada banyak sekali nama untuk alat musik berjenis seperti ini, diantaranya yaitu sangba, yimbei, jimberu, bata, tapo, dan lainnya. Fungsi dari alat musik Djembe yaitu sebagai pengiring musik dan media hiburan.

32. Bonang atau Kromong

alat musik betawi
alat musik betawi

Alat musik bonang atau kromong biasanya dimainkan dengan cara dipukul atau ditabuh di bagian atasnya menonjol atau basa disebut dengan pencu (pencon).

Alat pemukulnya yaitu dengan menggunakan tongkat berlapis yang biasa disebut dengan bindhi. Fungsi dari alat musik bonang yaitu sebagai pembawa melodi pokok dari semua alat musik lainnya

Demikian sedikit ulasan terkait dengan Alat Musik Betawi untuk kali ini. Diharapkan kesenian musik Betawi tak lekang oleh waktu.

Zaman boleh berubah, kepemimpinan boleh berganti, namun budaya Betawi harus terus ada sampai keanak cucu dan cicit serta dilanjutkan oleh generasi selanjutnya.

 

Alat Musik Betawi

Tinggalkan komentar