BUDAYA : Pengertian Menurut Para Ahli, Menurut Bahasa [LENGKAP]

BUDAYA : Pengertian Menurut Para Ahli, Menurut Bahasa [LENGKAP]

Pengertian Budaya – Budaya merupakan salah dari aset yang pasti dimiliki oleh suatu negara. Budaya lah yang membuat negara tersebut dapat dikenal oleh mancanegara. Budaya merupakan warisan dari nenek moyang terdahulu yang sangat berharga. Budaya memiliki sifat yang kompleks, abstrak, dan sangat luas. Sehingga banyak orang yang mempelajari hal yang berkaitan dengan budaya.

Budaya sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia, walaupun budaya selalu dikaitkan dengan seni. Tapi sebenarnya budaya tidak hanya membahas tentang budaya, karena kehidupan sehari-hari yang dilakukan oleh manusia juga bisa merupakan budaya yang di wariskan oleh nenek moyang.

Kehidupan politik pun pasti berkaitan dengan kebudayaan. Karena politik juga merupakan warisan yang diberikan orang terdahulu.

Pengertian Budaya Secara Umum

pengertian budaya
pengertian budaya

Secara umum budaya dapat diartikan sebagai suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Budaya terbentuk dari beberapa unsur yang rumit, termasuk karya seni dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan bahkan sistem agama juga merupakan budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Dan begitu pula budaya sebagaimana juga bahasa, merupakan bagian yang tak terpisahkan dari diri setiap manusia sehingga banyak orang yang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis.

Ketika seseorang berusaha untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, hal itu membuktikan bahwa budaya harus dipelajari karena sangatlah beragam.

Pengertian lain mengatakan Budaya adalah suatu perangkat rumit tentang nilai-nilai yang dipolarisasikan oleh suatu citra yang mengandung pandangan atas keistimewaannya sendiri.

Karena sebab hal itulah yang membuat orang-orang kesulitan dalam berkomunikasi dengan oran lain yang memiliki kebudayaan yang berbeda.

Dengan demikian, budayalah yang menyediakan suatu rangakaian kerangka yang koheren atau serasi serta kompak untuk mengorganisasikan aktivitas seseorang dan sangat memungkinkan untuk meramalkan perilaku orang lain.

Kemudian ada pengertian lain yang mengartikan budaya sebagai sebuah cara atau gaya hidup yang selalu berkembang secara beriringan dan bersamaan pada suatu kelompok yang sudah turun temurun dimana budaya tersebut berasal dari generasi sebelumnya diturunkan ke generasi berikutnya.

Selanjutnya pengertian lain mengatakan bahwa budaya merupakan segala sesuatu hasil dari budidaya manusia yang meliputi cipta, karsa, serta rasa.

Budaya tersebut muncul karena adanya manusia yang saling berinteraksi dan berkomunikasi. Interaksi antarmanusia inilah yang kemudian membentuk suatu komunitas sosial.

Dari komunitas sosial yang telah terbentuk tadi lalu terciptalah berbagai pola tindakan yang pada akhirnya membentuk suatu kebudayaan.

Budaya juga dapat diartikan sebagai suatu ciri khas yang tumbuh dan berkembang serta dimiliki dan diakui oleh masyarakat pada suatu bangsa ataupun suatu daerah setempat.

Pengertian Budaya Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

pengertian budaya
pengertian budaya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), budaya merupakan akal budi, pikiran, atau adat-istiadat. Secara tata bahasa pengertian kebudayaan diturunkan dari kata budaya yang cenderung merujuk pada pola pikir manusia.

Kebudayaan sendiri dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang berkaitan dengan akal atau pikiran manusia, sehingga dapat menunjuk pada pola pikir, perilaku serta karya fisik sekelompok manusia.

Pengertian Budaya Secara Etimologi

pengertian budaya
pengertian budaya

Etimologi ialah suatu cabang ilmu linguistik (bahasa) yang mempelajari darimana asal usul dari sebuah kata.

Secara etimologi, kebudayaan berasal dari kata “BUDDHAYAH” yang merupakan Bahasa Sansekerta. Kebudayaan (Buddhayah) itu sendiri merupakan kata jamak dari kata “BUDDHI” yang berasal dari Bahasa sansekerta yang mempunyai arti budi atau akal.

Sedangkan dalam bahasa Inggris, kebudayaan berarti culture yang ditelusuri berasal dari “colere” dari bahasa latin yang berarti mengerjakan atau mengolah (bertani atau mengolah tanah). Berdasarkan penjelasan sebelumnya, kemudian kebudayaan diartikan sebagai segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan merubah alam.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

pengertian budaya
pengertian budaya

1. Selo Soemardjan

Menurut  Selo Soemardjan tokoh pendidikan dan pemerintahan Indonesia, budaya adalah sebuah hasil karya, rasa dan juga cipta dari masyarakat.

2. Koentjaraningrat

Koentjaraningrat yang merupakan seorang antropolog Indonesia mengemukakan pendapatnya mengenai budaya, bahwa menurutnya budaya yaitu suatu gagasan dan rasa, suatu tindakan dan juga karya yang merupakan sebuah hasil karya yang dihasilkan oleh manusia didalam kehidupan masyarakat yang nantinya akan dijadikan kepunyaannya dengan belajar.

3. B. Taylor

Sedangkan menurut E.B. Taylor budaya merupakan suatu keseluruhan yang bersifat kompleks. Keseluruhan yang dimaksud tersebut meliputi kepercayaan, kesusilaan, adat istiadat, hukum, seni, kesanggupan dan juga semua kebiasaan yang dipelajari oleh manusia yang merupakan bagian dari suatu kehidupan masyarakat.

4. Linton

Linton seorang yang ahli dalam bidang antropolog mengemukakan pendapatnya, menurutnya budaya adalah sikap pola beserta pengetahuan masyarakat yang merupakan kebiasaan yang sering dilakukan dan didapatkan melalui hal yang diwariskan oleh suatu anggota masyarakat tersebut secara keseluruhan.

5. Seokmono

Menurut ahli arkeolog dari Indonesia R.Soekmono, dia berpendapat budaya merupakan suatu usaha ataupun hasil kerja manusia berupa benda atau bisa juga hasil dari sebuah pemikiran manusia dimasa hidupnya.

6. Ki Hajar Dewantara

Berdasarkan Bapak pendidikan Indonesia sekaligus pendiri yayasan Taman siswa Ki Hajar Dewantara, beliau mengemukakan pendapat bahwa budaya yaitu hasil dari perjuangan masyarakat baik itu terhadap alam maupun terhadap zaman yang membuktikan bahwa suatu kemakmuran dan juga kejayaan kehidupan masyarakat ketika menghadapi suatu keadaan yang sulit dan rintangan dalam mencapai suatu kemakmuran, keselamatan, dan juga kebahagiaan pada kehidupan.

7. Parsudi Suparian

Menurut pendapat seorang antropolog Indoensia yang berasal dari Jakarta Parsudi Suparian, suatu budaya dapat melandasi semua perilaku manusia karena suatu hal yang berkaitan budaya merupakan sebuah pengetahuan manusia yang digunakan untuk memahami sebuah lingkungan dan juga pengalaman yang terjadi padanya.

8. Effat Al-Syarqawi

Sedangkan menurut ahli agama yaitu Effat Al-Syarqawi berpendapat bahwa budaya yaitu khazanah atau kekayaan sejarah yang dimiliki suatu kelompok masyarakat yang telah tergambar pada sebuah kesaksian dan juga berbagai nilai yang menggambarkan suatu kehidupan harus mempunyai makna dan juga mempunyai tujuan yang bersinggungan dengan rohani.

9. Kluchkhohn dan Kelly

Kluchkhohn dan Kelly berpendapat bahwa budaya yaitu semua konsep hidup yang tercipta baik implisit (samar-samar) ataupun eksplisit (jelas), rasional ataupun irasional yang berada pada suatu waktu sebagai suatu acuan yang memiliki potensial untuk tingkah laku dan perbuatan manusia.

10. Andreas Eppink

Menurut seorang psikolog dari belanda Andreas Eppink, ia mengemukakan pendapat bahwasanya suatu kebudayaan mengandung seluruh pengertian yang sangat erat kaitannya dengan norma sosial, nilai sosial, dan juga ilmu pengetahuan beserta seluruh struktur sosial, dan lain sebagainya. Segala pernyataan yang artistik (ekspresif) dan juga intelektual (cerdas) yang menjadi suatu ciri khas dalam suatu kehidupan masyarakat.

11. Lehman, Himstreet, dan Batty

Lehman, Himstreet, dan Batty telah memberikan pendapatnya dan mendefinisikan bahwa budaya digunakan sebagai kumpulan beberapa pengalaman hidup yang ada pada sekelompok masyarakat tertentu. Pengalaman hidup yang dimaksud tersebut bisa berupa kepercayaan, perilaku, dan gaya hidup suatu kelompok masyarakat.

12. Francis Merill

Menurut seorang tokoh yang berpengaruh pada pengembangan Sistem Pendidikan Gereja pada abad 20 yaitu Francis Merill, dia mempunyai pendapat bahwa budaya adalah semua tingkah laku dan semua produk yang dihasilkan atau diciptakan oleh seseorang sebagai anggota dalam suatu masyarakat yang telah ditemukan melalui interaksi simbolis atau interaksi yang membentuk makna melalui komunikasi. Kebudayaan berarti pola-pola perilaku manusi yang dihasilkan oleh interaksi sosial.

13. Krueber (1958: 582-583)

Al. Krueber adalah seorang tokoh antropolog Amerika Menurut Al. Krueber kebudayaan adalah suatu sistem dari ide-ide dan konsep-konsep. Kebudayaan merupakan wujud dari sebagai rangkaian tindakan berpola suatu aktivitas dan manusia yang.

14. Croydon (1973: 4)

Menurut Croydon Budaya merupakan suatu sistem pola yang terpadu, yang sebagian besar berada di bawah batas tingkat kesadaran, namun semua yang mengatur perilaku manusia itu sepasti senar di manipulasi atau di rekayasa dari kontrol boneka gerakannya.

15. K. Kupper

Menurut dermatologi yang berasal dari Inggris Dr. K. Kupper budaya merupakan suatu sistem mengenai gagasan yang menjadi pedoman dan panduan serta pengarah bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku dilingkungan masyrakat, baik secara individu maupun kelompok.

16. Djojodigono(1958)

Menurut Djojodigono Kebudayaan adalah daya dari budi, yang berupa cipta, karsa dan rasa yang di buat oleh masyrakat.

17. Dawson

Menurut seorang sejarawan katolik terbesar di Inggris pada abad 20 yaitu Dawson Dalam bukunya yang berjudul Age of the Gods kebudayaan merupakan cara hidup bersama-sama.

18. Mohammad Hatta

Menurut Drs. Mohammad Hatta yang merupakan tokoh Nasional indonesa sekaligus Wakil Presiden pertama Indonesia memberikan pengertian budaya. Menurutnya budaya adalah ciptaan hidup yang berasal dari suatu bangsa.

19. Sidi Gazalba

Menurut Drs. Sidi Gazalba budaya adalah cara berfikir masyarakat dan merasa yang menyatakan diri dalam seluruh segi-segi kehidupan dari segolongan manusia yang telah membentuk kesatuan sosial dengan suatu ruang dan suatu waktu.

20. Mr. Sutan Takdir Alisyahbana

Menurut seorang ahli Bahasa Indonesia yaitu Prof. Mr. Sutan Takdir Alisyahbana, beliau mengemukakan pendapat berkaitan dengan pengertian budaya. Menurutnya budaya adalah penjelmaan dari cara berfikir beberapa manusia, baik kelompok maupun individu pada satu tempat ataupun satu ruang.

21. Soenarjo Kolopaking

Menurut Mantan Menteri Keungan Indonesia Pada tahun 1945 yaitu Prof. Soenarjo Kolopaking beliau mengemukakan pendapatnya tentang pengertian budaya pada Kongres Kebudayaan Indonesia I di Magelang Jawa Tengah.

Menurutnya budaya adalah totaliteit atau totalitas yang dimiliki dan merupakan hasil usaha dari manusia, yang berhasil ia ciptakan melalui kekuatan-kekuatan jiwanya dan melalui proses yang saling mempengaruhi antara kekuatan jiwa yang tadi dan antara kekuatan jiwa yang satu serta yang lain.

Jadi dari banyak pengertian tentang budaya di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa budaya adalah manifestasi atau penjelmaan dari hasil kerja jiwa manusia yang memiliki arti seluas-luasnya.

Demikian beberapa penjelasan kami yang berkaitan dengan pengertian budaya, semoga kita semua dapat mengambil manfaatnya, agar kita dapat menghargai budaya-budaya yang kita jumpai di kalangan masyarakat. Karena budaya juga menjadi salah satu alat pemersatu bangsa, walaupun berbeda-beda budaya kita tetap satu.

Seperti Semboyan Indonesia yaitu Bhineka Tuggal Ika yang memiliki arti walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Semboyan inilah yang harus kita tanam dalam diri kita agar kita dapat menghargai perbedaan.

Pengertian Budaya

 

Tinggalkan komentar